Monday, January 30, 2012

The Little Mermaid - Hans Christian Andersen

Buat yang mo ngedongeng utk anak-anak tercinta...


The Little Mermaid tinggal di sebuah kerajaan bawah air dengan ayahnya (raja laut), neneknya, dan 5 kakak perempuan. Ketika putri duyung berumur 15, mereka diperbolehkan untuk berenang ke permukaan melihat-lihat dunia atas (kunjungan setiap tahun).Setiap ada yang naik ke permukaan dan kembali, Little Mermaid selalu rindu utk mendengarkan berbagai uraian mereka tentang permukaan dan manusia.

Ketika giliran Little Mermaid datang, dia berenang ke permukaan, sampai di permukaan ia melihat sebuah kapal dengan seorang pangeran tampan, dan jatuh cinta kepadanya.Tiba-tiba terjadi sebuah badai besar, dan Little Mermaid menyelamatkan pangeran yang hampir tenggelam. Dia membawanya ke pantai di dekat kuil. Di sana Little Mermaid menunggu sampai sang pangeran siuman dan menemukan sorang gadis muda dari kuil (Pangeran tidak pernah melihat Little Mermaid).

The Little Mermaid lalu pulang dan bertanya kepada neneknya "apakah manusia dapat hidup selamanya jika mereka tidak tenggelam?" Nenek menjelaskan bahwa manusia memiliki umur jauh lebih pendek daripada Duyung, namun ketika duyung mati mereka akan berubah menjadi busa-busa laut, lalu lenyap tidak tak tersisa, sementara manusia memiliki jiwa yang kekal yang hidup di dalam Surga.

The Little Mermaid menjadi rindu dengan sang pangeran dan ingin menjadi manusia yang memiliki jiwa abadi.Akhirnya ia mengunjungi penyihir Laut, yang menjual ramuan kepadanya yang akan memberikannya kaki, sebagai imbalan atas ramuan itu. Penyihir meminta lidah Little Mermaid (karena memiliki suara paling memabukkan di dunia).Penyihir Laut memperingatkan, bahwa setelah ia menjadi manusia, dia tidak akan pernah bisa kembali ke laut. Minum ramuan akan membuatnya merasa seolah-olah kakinya tertusuk pedang terus-menerus akan merasa seperti dia berjalan di atas pedang tajam, dan kakinya akan berdarah. namun ketika ia pulih ia akan memiliki 2 kaki yang indah, dan akan mampu menari seperti manusia.

Selain itu, ia akan mendapatkan jiwa jika dia menemukan cinta sejati, dan sebuah ciuman. Jika pangeran mencintainya dan menikahinya, untuk kemudian sebagian dari jiwa pangeran akan mengalir ke dalam dirinya. Jika tidak, saat fajar pada hari pertama setelah ia menikahi wanita lain, Little Mermaid akan mati patah hati dan hancur menjadi busa laut.

The Little Mermaid meminum ramuan itu, lalu  menemui pangeran yang tertarik pada kecantikannya dan rahmat yang dimilikinya meskipun dia bisu. Hampir semua dia suka termasuk melihat Little Mermaid menari, dan Little Mermaid pun menari untuk pangeran meskipun rasa sakitnya luar biasa.

Ketika ayah pangeran memerintah, agar anaknya menikahi putri raja tetangga, pangeran memberitahu Little Mermaid dia tidak akan, karena ia tidak mencintai sang putri. Dia melanjutkan dengan mengatakan bahwa ia hanya bisa mencintai wanita muda dari kuil, yang ia percaya melepaskannya, tetapi ternyata sang putri adalah gadis kuil, yang telah dikirim ke kuil untuk dididik.

Pangeran lalu jatuh hati dan menikahinya, pernikahan pun di umumkan. Pangeran dan putri pun menikah, dan Little Mermaid terpikirkan tentang semua yang telah ia berikan dan semua rasa sakit yang ia rasakan menjadikannya menderita.

Dia putus asa, memikirkan kematian yang menunggu.. tapi sebelum fajar, adik-adiknya membawakannya pisau, mereka dan penyihir Laut telah melakukan pertukaran dengan rambut panjang mereka. Jika Little Mermaid menusuk pangeran dengan pisau dan memungkinkan pangeran meneteskan darahnya di kaki Little Mermaid, dia akan menjadi putri duyung kembali, semua penderitaannya akan berakhir dan dia akan menjalani kehidupan yang penuh (sebagai putri duyung).

Namun Little Mermaid  tidak bisa membawa diri untuk membunuh pangeran yang sedang tidur berbaring dengan pengantinnya, krn ia masih mencintai pangeran. Ia benar-benar berada pada posisi yang sulit antara memilih dirinya yang akan mati atau orang di cintainya lah yang akan mati di tusuk olehnya..

Hingga fajarpun tiba, Little Mermaid tetap tak mampu menikam pujaan hatinya dengan pisau tersebut, lalu ia melempar dirinya ke laut. Tubuhnya berubah menjadi busa2, menjadi gelembung-gelembung yang kemudian hilang tak tersisa.. namun ia merasakan kehangatan matahari, ia telah berubah menjadi semangat, seorang putri yang menguap di udara. Anak-anak perempuan lain (manusia) mengatakan bahwa dia telah menjadi seperti mereka karena dia berusaha dengan sepenuh hati untuk mendapatkan jiwa yang kekal. Dia akan mendapatkan jiwa sendiri dengan melakukan perbuatan baik, dan ia akhirnya akan naik ke dalam kerajaan Tuhan.

No comments: