Tuesday, November 17, 2009

banjiiirr...banjirr...

Sekarang udah bener-bener musim hujan nih...setelah melewati bulan oktober yang mustinya tanda dimulainya musim hujan tp hujan tak kunjung datang..di bulan November ini sepertinya sudah bener-bener memasuki musim penghujan, hampir setiap siang atau sore hari pasti hujan walau cuma sebentar. Namun hujan yg sebentar-sebentar itu sudah bisa menyediakan berita banjir dibeberapa wilayah di jakarta..bahkan di jalan-jalan utamanya...wah..PR buat pemerintah kota bener-bener ditagih sekarang ini. Banyak permasalahan yang terkait yang bisa menyebabkan banjir dimana-mana. Entah tata letak kota yang semrawut, entah hilangnya daerah resapan yang terganti dengan gedung-gedung tinggi, atau bahkan kebiasaan warga yang suka membuang sampah sembarangan.
Di luar semua masalah itu semua..sekarang ini aku lagi pengen berbagi cerita waktu aku sempat mengalami banjir lokal...hehehe...gini nih ceritanya...
Waktu itu aku masih kost di daerah pemukiman..di petojo...di kamar ukuran sedang, cukup nyaman untuk beristirahat sehabis seharian lelah bekerja. Kamar dengan jendela menghadap keluar sehingga memungkinkan matahari masuk, tapi sayangnya sering gak jadi masuk karena terhalang ama jemuran para penghuni kost..woalaahh...tapi mo gimana lagi...
Waktu itu...hmm taon berapa ya...aku lupa...tapi musim banjir besar di jakarta bisa dibilang sudah lewat, tapi hujan kecil justru bisa membuat aku tau betapa menyedihkannya kalo qta mengalami sendiri gimana rasanya kebanjiran.
Hari itu hujan rasanya gak mau berhenti...langit mendung seharian dengan setianya, alhasil selokan depan kost-kostan penuh dan ternyata lantai kost-kostan bagian depan banyak lubang-lubang tempat air bisa mengalir seperti air mancur, nah itu dia...gak mengira lubang-lubang kecil bisa bikin aku dan teman-teman kena banjir setempat, huaaahh...
Lagi asyik-asyik ngelamun n siap-siap mo tidur, si bapak yang punya kost-kostan teriak-teriak..mbak banjir...banjir...wah blaik..langsung melompat dari tempat tidur kasur busa yang beralas perlak...udah deh kasurku jd menjulang tinggi alias aku berdiriin drpd basah kuyup. Begitu buka pintu jegreeek..ternyata di ruang tamu airnya sudah semata kaki...wah, buru-buru semua barang aku angkut keatas lemari. Untung cuma kamar-kamar terdepan yang lebih rendah yang terparah, kamar di bagian belakang lebih tinggi jadi air gak mengalir ke belakang walau di gang depan kamar basah gara2 dipakai mondar mandir angkutin barang. Abis menyelamatkan barang-barang ke atas lemari, lanjut kerja bakti menciduk air supaya keluar. Karena kamar masih basah kuyup, alhasil malam itu gak bisa tidur dikamar sendiri..untung masih bisa nebeng nyenderin kepala di kamar temen yang kamarnya masih aman dr genangan air. Udah udara dingin..kena air melulu..kerja bakti nguras air n tidur gak nyaman wah badan jadi gak enak nih. Paginya musti bersih2 n ngeringin semua perabot yang kena air..untung barang-barang elektronik aman dari air. Pagi itu aku bersih-bersih dan beres ala kadarnya karena masih harus kerja. Gak enak aja masa harus ijin gak kerja gara-gara banjir lokal..wah tengsin juga ya hihhihi...
Sorenya sepulang kerja..aku beres-beres lagi..semua di lap-lap dan dikembalikan ke posisi semula. Akhirnya selesai juga beres-beresnya...siap bernyaman-nyaman kembali di kasur dan kamar sendiri. Siap mimpi indah deh pokoknya.
Mbak banjir...banjir lagii...bangun....waahhh suara si bapak lagi-lagi mengagetkan aq yang sudah terlelap. Ternyata hampir tengah malam, aku terbangun dan langsung berdiri..wah..ternyata aku sudah tidur di pulau kasur alias sekeliling tempat tidurku sudah basah tergenang air...mamaaa...dah cape-cape beres-beres...ternyata masih banjir lagi...huaaaa...
bruk..bruk...bruk...dah deh ...semua aq lempar-lempar aja ke atas lemari dan kasur langsung menjulang tinggi lagi. Lagi-lagi kerja bakti nguras air agar jangan sampai masuk dan bikin genangan yang lebih tinggi lagi. Untung hujan mereda sehingga aku dan teman-teman gak harus kerja bakti sampai pagi. Jam sudah menunjukkan pukul 3 pagi waktu aku bisa nebeng lagi untuk merebahkan badan di alas alakadarnya. Brrr... dingin, ngantuk, cape, kesel..wah semua campur aduk deh...
Setelah istirahat sebentar, bersih-bersih dan beres-beres lagi deh..kali ini aku gak kembalikan barang-barang ketempat semula. Aku masih biarkan barang-barang bertumpuk karena takut masih ada banjir lokal lagi. Si bapak kost juga sudah menambal lubang disana sini dan membuat semacam bendungan supaya air gak gampang masuk lagi.
Setelah ada banjir ketiga kalinya...dah..deh...aku cari kost lain aja...gak kuat capenya..musti begadangan,bersih-bersihin barang dari air bekas banjir yang gak tau air apa aja dan beres-beres, belum lagi was-was dan berjaga-jaga. Ngaciiirr....cari kost yang di tingkat atas deh...biar aman hehehe...
Tuh...untuk banjir yang paling parahnya satu dengkul aja dah bikin kapok-kapok...gimana yang ampe tinggi-tinggi ampe atap rmh gitu ya...ampyuunnn dah. Dah barang rusak semua...ntah pada hilang semua..lom lagi bersih-bersihnya juga...
Gitu deh cerita pengalaman kebanjiran yang pernah aku rasain. Paling gak bikin aku ada gambaran gimana sengsaranya orang-orang yang kebanjiran. Masih bersyukur yang aku alamin gak parah-parah amat.
Mantan kost aku sekarang dah berganti jadi bangunan yang megah dan bagus dan pastinya gak banjir lokal lagi kali ya....
Moga-moga musim hujan kali ini gak membuat banyak orang sengsara karena kebanjiran deh..semoga masalah-masalah banjir bisa segera diatasi,semoga.

No comments: