Thursday, December 16, 2021

Divonis kanker!! (part 6)

     Setelah hasil test keluar, aku dan suami kembali konsul ke dokter senior tadi. Lebih lanjut aku dianjurkan untuk melakukan biopsi. Maksudnya operasi untuk mengambil sedikit jaringan tubuh agar dapat diteliti lebih lanjut di laboratorium.         Biopsi dilakukan untuk memantapkan diagnosis penyakit kanker dan membantu membedakan tumor jinak dengan kanker. Selain itu juga diandalkan untuk mengetahui stadium dan jenis kanker yang dialami. Jika diagnosis dan stadium sudah diketahui, akan mempermudah dokter dalam memilih pengobatan kanker yang tepat, yang meliputi operasi pengangkatan kanker, kemoterapi atau radioterapi. 
     "Apakah ada obat yang harus saya minum dok? Makanan apa yang harus saya hindari?" Tanyaku lebih lanjut. "Tidak ada obat khusus" jawab dokter senior tadi. Untuk makanan yang dihindari yang aku ingat adalah durian, nangka, mungkin buah yang dapat menimbulkan efek panas di tubuh. Namun aku tidak tahu apakah sudah ada penelitian lebih lanjut untuk itu. 
     Kemudian aku menuju ke bagian administrasi rumah sakit untuk mencari informasi berapa biaya yang diperlukan jika biopsi dilakukan. Saat itu disebutkan kira-kira diperlukan 30 jutaan untuk operasi biopsi dan rawat inapnya. 
     Dalam perjalanan pulang, suamiku tercinta (oppa Kurnia 😘) berusaha tampil tegar dan menguatkan aku, walau terlihat jelas diwajahnya kebingungan dan kekagetannya, makasih ya oppaku sayang... 🤗😘

#belajar berbagi #lawankanker #ceritakanker #breastcancer #kankerpayudara #
#jangan lupa bahagia #smile😄💕

No comments: