Friday, September 16, 2011

Khasiat Makanan Berwarna Hitam

Sumber : Internasional Media

Makanan berwarna hitam diakui sebagai makanan super karena tingginya kandungan antioksidan yang melindungi tubuh dari sejumlah penyakit, termasuk penyakit jantung dan kanker. Makanan-makanan berwarna hitam yang baik untuk kesehatan seperti dilansir everydayhealth.com antara lain:
  1. Kacang Hitam, membantu mencegah kanker karena kandungan fitokimia, senyawa kimia pada tanaman yang bermanfaat untuk kesehatan, juga lebih kaya antioksidan dibanding varietas kacang lainnya. Kacang hitam juga kaya serat yang dapat menurunkan resiko kanker usus.
  2. Blackberry, mengandung polifenol, antioksidan yang membantu meringankan peradangan. Disamping rendah kalori, blackberry merupakan suplemen makanan yang sempurna, juga dapat meningkatkan kesehatan otak.
  3. Kedelai hitam, menawarkan isoflavon, saponin, pitosterol, dan bahan aktif lain yang membantu melawan kanker. Penelitian juga menemukan bahwa memasukkan makanan sehat ini dalam daftar makanan baik bagi jantung. Dalam penelitian di Korea Selatan ditemukan bahwa ekstrak kedelai hitam membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah.
  4. Lentil hitam, sebenarnya tidak banyak perbedaan kandungan nutrisi antara lentil hitam, lentil hijau, atau lentil coklat. Tapi mungkin dapat menawarkan beberapa variasi makanan. Apapun warnanya, lentil menawarkan banyak serat dan penelitian telah menemukan bahwa makanan kaya serat mampu menurunkan kolesterol.
  5. Jamur hitam / shitake, kebanyakan variestas jamur bermanfaat dan mengandung zat untuk melawan kanker. Jamur shitake yang kadang disebut jamur hitam dapat menambah variasi makanan dan menurunkan resiko kanker payudara bagi wanita setelah menopause.
  6. Teh hitam, dalam sebuah penelitian di Boston University School of Medicine ditemukan bahwa pasien penyakit jantung yang minum teh hitam memiliki pembuluh darah yang lebih sehat daripada pasien penyakit jantung yang tidak minum teh. Ditemukan pula bahwa minum teh hitam dapat membantu menurunkan resiko serangan jantung atau stroke.
  7. Beras hitam, dapat membantu mengobati alergi dan peradangan. Dalam penelitian laboratorium pada tikus, peneliti menemukan bahwa menyuntik dedak beras hitam ke kulit tikus ternyata mampu menurunkan tingkat peradangan dan lebih tahan terhadap pembengkakan akibat alergi kulit.

No comments: