Sunday, November 28, 2021

Divonis Kanker!! ( part 1)

Divonis kanker 😱!!

Kamu tau gimana kagetnya aku waktu itu? Mana ke dokter sendirian 😒 . Suami, saudara dan sohib-sohibku saat itu ga bisa menemaniku untuk cek ke dokter. Antara percaya dan ga percaya, aku dengarkan penjelasan dokter mengenai penyakitku ini... 

Berawal sekitar bulan Juli 2020 di beberapa bagian tubuhku kadang muncul gatal-gatal seperti biang keringat, namun berpindah-pindah tempat. Kadang hilang dengan sendirinya, kadang harus aku tabur bedak gatal ataupun aku rendam dengan air sirih agar berkurang gatalnya. Akhir-akhir ini aku berpikir bahwa mungkin saat itu imun tubuhku sedang menurun dan memberikan sinyal yang kurang aku pahami sehingga aku tidak menanggapinya dengan serius.

Bulan September atau Oktober 2020, aku merasakan payudaraku agak mengeras dan kulit disekitarnya berasa agak tebal. Aku hanya berpikir sederhana aja, mungkin ada pembuluh yang tersumbat. Maka aku berusaha untuk mengatasinya dengan mengompres menggunakan air hangat dan mengoleskan obat semprot tradisional di sekitar payudaraku (jangan dicontoh yaaa). Namun setelah beberapa saat gejala itu tidak berkurang dan malah menjadi agak kemerahan. 

Saat itu adik bungsuku habis melahirkan dan sedang menyusui, ada kalanya dia mengalami hal yang hampir mirip dikarenakan kurang lancarnya air asi dan disarankan untuk menjalani terapi laktasi dan kompres air hangat agar air asinya dapat kembali lancar. Sempat terpikir olehku, mungkin aku mengalami seperti yang orang-orang bilang, siapa yang hamil siapa yang ngidam gitu πŸ˜“ jadi aku juga sempat kompres payudaraku dengan harapan akan memperlancar pembuluh yang tersumbat tesebut. Namun ternyata apa yang aku lakukan tidak juga membuahkan hasil. Payudaraku tetap kemerahan, namun karena aku tidak merasakan gangguan dan juga masih gencarnya berita-berita mengenai virus corona saat itu yang sedikit banyak membuat aku agak was-was untuk berkunjung ke rumah sakit, maka aku tidak berpikir untuk memeriksakannya ke dokter sesegera mungkin. ( hai ladies, kalo ada yang berbeda dengan payudara kamu, segera periksakan ke dokter yaaa...)

#belajar berbagi #lawankanker #ceritakanker #breastcancer #kankerpayudara
#jangan lupa bahagia #smileπŸ˜„πŸ’•

No comments: