Monday, November 28, 2011

Car Free Day

     Car Free Day atau hari bebas kendaraan sepanjang ruas jalan MH Thamrin - Sudirman Jakarta pusat yang diberlakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan mengurangi tingkat polusi khususnya di wilayah jakarta, berlangsung pada jam 06.00 - 12.00 WIB setiap minggunya. 

     Jam 05.30 aku dan teman-teman sudah siap berangkat ke bundaran HI untuk ikut meramaikan sekaligus mencari kebugaran...(cieee mulia bener khan niatnya hihihi...) pagi-pagi sudah bangun dan siap berangkat ternyata membuat cacing-cacing peliharaan di perut jadi kaget, alhasil setiap ada tukang jajan yang nangkring bawa-bawa gerobak kebagian pelototan dariku dan teman-teman, jual apa tuh? beli gak ya???...mie ayam, bubur, warteg....setelah perundingan dan pertimbangan yang panjang dan matang, didukung banyak suara dari dalam perut, akhirnya kita putuskan untuk nyabu dulu, alias nyarap bubur. Biar nanti gak masuk angin dan olah raganya makin semangat. Itu menurut pendapatku dan teman-teman sih, entah apa kata pakar kesehatan. Setengah porsi bubur ditambah sate usus sudah berhasil menenangkan perut, eh jadi inget jargon perut kenyang, hati riang, hidup senang...wkwkwk...yuk lanjut lagi ke bundaran.
     Nyampe di air mancur bundaran indosat, sembari nungguin teman-teman yang lain, ga lupa jepret-jepret duluan sambil mejeng. Ada beberapa yang sudah kumpul, jepret lagi, ada juga yang ketinggalan kumpulnya karena susahnya cari parkir, maklum di monas juga sedang ramai karena ada upacara untuk memperingati hari Guru yang jatuh pada tanggal 25 November 2011 kemarin. 
     Matahari sudah makin terik bersinar, akhirnya kita mulai deh jalan-jalannya..ayooo..tuk wak...tuk wak...jalur kiri sepeda, jalur kanan jalan kaki yaaa...kata petugas yang berjaga untuk mengatur lalu lintas pejalan kaki dan pengendara sepeda.  
     Beragam sepeda ada disini, dari yang model jaman nenek aku alias sepeda kumbang ataupun sepeda jaman sekarang dengan berbagai warna,ukuran dan model, berlalu-lalang dengan asyiknya. Baru beberapa saat berjalan, ada rombongan baris berbaris dengan bermacam-macam seragam, rupanya bapak-bapak dan ibu-ibu yang memperingati hari guru nasional. Terpujilah wahai engkau bapak ibu guruuuu....masih ingat nama guru-guru kamu gak????
Naluri mengajar melekat kuat sampai aba-aba baris berbarispun mengandung unsur pengajaran, komandan berteriak satu ditambah satu...anggota nya pun menjawab dua, ditambah satu...tiga...ditambah satu...empat...ditambah satu...lima...dikurang empat...satu...dan seterusnya. Salut buat bapak dan ibu guru yang sabar-sabar mendidik murid-muridnya dan membantu mempersiapkan masa depan mereka. Ayo kita lanjutkan jalan-jalannya yaa...
     Sesampai di bundaran HI, kali ini kita tidak bisa menikmati air mancurnya karena sedang dalam proses pengurasan yang kabarnya membutuhkan waktu kurang lebih satu bulan. Di sebelah kanan bundaran HI banyak orang-orang yang menggelar dagangan, ada makanan minuman, pernik-pernik sepeda, dari yang digelar dibawah, gerobak maupun di mobil.Sembari melepas penat kita bisa mencari jajanan sesuai selera.

Ayo mo cari jajanan apa? sate padang, bakpao? mie ayam, ketupat sayur, es teh ataupun air putih. Wah ada juga yang sempet bergaya dengan motor gede pak polisi yang sedang di parkir di pinggiran bunderan karena pak polisinya lagi sibuk mengawasi jalanan supaya lancar dan terkendali, maklum karena busway masih beroperasi dan jalanan disekitar bundaran cukup padat.
     Sudah cukup beristirahat kita lanjutkan kembali ke meeting point. Oh iya, hari itu juga ada yang membagi-bagikan tanaman untuk mendukung go green, ada juga pawai dengan kostum pohon-pohon dan bunga. Ada yang suka namun ada juga anak-anak yang takut,hehehe..jangan takut nak, mereka baek-baek kok.  Ayo kita jaga bumi kita dengan menanam pohon-pohon di sekitar lingkungan kita yaaa... Sampai disini dulu jalan-jalan kita ya...kapan-kapan kita lanjutkan lagi, gerak jalan sehat dan kurangi polusi.




No comments: